Sabtu, 08 Oktober 2011

OBAT VASODILATOR PERIFER

Obat vasodilator adalah golongan obat yang telah terbukti dapat menyebabkan peningkatan diameter vaskuler baik sistim arteri ataupun vena melalui mekanisme relaksasi otot polos vaskuler.
Ada beberapa macam obat dari berbagai golongan sebagai obat vasodilator perifer maupun serebral.
Diantaranya adalah :
1.     Isoxsuprine adalah obat golongan vasodilator. Isoxsuprine membuat vena dan arteri relaksasi, sehingga saluran darah tersebut melebar dan membuat darah lebih mudah mengalir.
Aksi kerja tersebut dapat membantu pengobatan gejala seperti aliran darah ke otak lambat, arteriosklerosis (pengerasan dari arteri), fenomena Raynauld's dan kondisi lainnya yang berhubungan dengan tidak lancar aliran darah di vena dan arteri.
Sumber : www.drugs.com
2.     Flunarizine adalah obat dari golongan kalsium antagonis/ penghambat kalsium.
Penghambat kalsium mempengaruhi pergerakan kalsium ke dalam sel dari jantung dan peredaran darah. Sehingga peredaran darah melemas dan meningkatkan suplai darah dan oksigen ke jantung akibatnya mengurangi kerja jantung.
Flunarizine digunakan untuk mencegah sakit kepala migren.
Sumber : www.drugs.com
3.     Citicoline dalam pengembangan awalnya digunakan sebagai obat stroke, dan sekarang diselidiki untuk digunakan sebagai obat penyakit alzheimer. Dan dapat mencegah jaringan otak dari infark cerebral akibat stroke iskemik.
Sumber : nootropics.com
4.     Buflomedil bekerja secara langsung sebagai vasodilator, dan bisa digunakan untuk permasalahan selulit, peredaran darah, stretch marks, dan nyeri. Juga biasa digunakan untuk pengobatan impotensi.
Sumber : www.prollenium.com
5.     Nimodipin digunakan untuk pengobatan gejala yang disebabkan dari satu pecahnya saluran darah di otak (hemorrhage). Obat ini meningkatkan aliran darah ke jaringan otak yang terluka.
Nimodipin berbentuk kapsul untuk diminum secara oral. Jika pasien tidak bisa menelan kapsul, dapat diberikan melalui pipa makanan yang dimasukan ke pencernaan. Biasanya diberikan 4 jam sekali selama 21 hari. Nimodipin diminum pada waktu perut kosong, baik 1 jam sebelum makan, atau 2 jam setelah makan. Pengobatan dengan obat ini dimulai 4 hari setelah hemorrhage otak.
Sumber : www.nlm.nih.gov
6.     Pentoxifylline digunakan untuk meningkatkan aliran darah pada pasien dengan masalah sirkulasi darah untuk mengurangi nyeri, kram dan lemah di bagian tangan atau kaki. Obat ini bekerja dengan cara mengurangi kekentalan (viskositas) darah. Dengan perubahan itu membuat darah mengalir lebih mudah, terutama pada saluran darah yang sempit pada kaki atau tangan.
Sumber : www.pentoxifylline.com
7.     Nicergolin adalah derivat ergot yang sekarang digunakan untuk mengatasi permasalahan kognitif, afektif dan kekacauan tingkah laku pada orang tua. Awalnya obat ini digunakan sebagai obat vasoaktif dan untuk pengobatan cerevascular disorder. Kini ditemukan kegunaan lain yang rasional sebagai obat pada pengobatan segala bentuk demensia, termasuk penyakit Alzheimers.
Sumber : nootropics.com
8.     Cinnarizin menghambat kontraksi vaskular pada sel otot polos dengan menghambat saluran kalsium. Cinnarizin meningkatkan deformabilitas eritrosit dan menurunkan viskositas darah dalam penelitian. Cinnarizin mencegah stimulasi dari sistem vestibular.
Digunakan untuk permasalahan vertigo, pusing, tinitus, nystagmus, mual dan muntah.
Sumber : www.intekom.com
9.     Naftidrofuryl oksalat bekerja dengan dua cara. Pertama, obat ini menyebabkan saluran darah membesar. Kedua, obat ini meningkatkan kemampuan sel untuk membuang sampah.
Kedua kemampuan ini berguna dalam pengobatan dari kerusakan yang disebabkan oleh berkurangnya suplai darah pada beberapa bagian tubuh. Pada penyakit vaskular periferal, dimana saluran darah yang sangat sempit, darah dan suplai oksigen ke sel di tangan, tungkai atau kaki berkurang.
Oksigen berguna bagi sel untuk membuang sampah dari sel, sehingga dengan keadaan tersebut sampah dapat menumpuk. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan sel dan menjadi penyebab rasa nyeri, kram dan pendarahan. Terutama bila kerusakan aliran darah terjadi di otak akan merusak sel otak, sehingga menimbulkan gejala seperti bingung dan kemunduran mental.
Naftidrofutyl memperbaiki gejala tersebut dengan meningkatkan suplai darah dan oksigen pada daerah yang bermasalah dan juga meningkatkan kemampuan sel untuk membuang sampah sel, walaupun dalam kondisi suplai oksigen rendah.
Kegunaan ; kerusakan aliran darah di otak (cerebral insufficiency)
Sumber : www.tiscali.co.uk
10. Co-dergocrine Mesylate dalam menangani permasalahan kemampuan mental dan panjang dari periode kerja mental yang intens dengan meningkatkan (dan juga menstabilkan) suplai oksigen ke otak. Juga obat ini mencegah otak dan jantung dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan dapat meningkatkan jumlah dan kemampuan koneksi dari dendrit, dimana berkaitan dengan peningkatan kemampuan intelektual.
variasi dosisnya sangat tinggi, tetapi dengan dosis tinggi hanya memberikan efek samping yang kecil. Dosis biasanya antara 3 mg hingga 9 mg perhari, tingkatkan dosis secara perlahan untuk mencegah mual.
Sumber : www.smart-drugs.net
Untuk pemilihan Obat Vasodilator Perifer & Aktivator Serebral yang tepat ada baiknya anda harus periksakan diri dan konsultasi ke dokter.

0 komentar:

Poskan Komentar